Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Posyandu Kenanga I Kelurahan Mamajang Dalam Kecamatan Mamajang Kota Makassar

Authors

  • Ruslan Hasani Poltekkes Kemenkes Makassar
  • Rosita Genggeng Poltekkes Kemenkes Makassar

Keywords:

Kelas Ibu Hamil, Tanda Bahaya Kehamilan

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya Kelas Ibu Hamil dan meningkatnya pengetahuan ibu-ibu hamil di Wilayah Kelurahan Mamajang Dalam mengenali tanda-tanda bahaya kehamilan. Kegiatan yang dilakukan adalah pemberian edukasi kesehatan dan Pembentukan Kelas Ibu hamil. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 dan 30 Agustus 2018 bertempat di Posyandu Kenanga I Kelurahan Mamajang Dalam Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Metode dan alat yang digunakan 1). Pemberian edukasi Tanda Bahaya Kehamilan menggunakan media penyuluhan seperti gambar, pengeras suara. Media yang digunakan adalah Modul pembelajaran. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Petugas KIA Puskesmas Mamajang, Kader posyandu dan masyarakat khususnya ibu hamil. Hasil kegiatan adalah 1). Latar belakang pendidikan peserta adalah 10 orang yang terdiri dari 8 orang (80%) berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 2 orang (20%) berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 2). Hasil Evaluasi Pre dan Post Test menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai hasil tes berkisar antara 40-55. 3). Hasil Evaluasi Tingkat Kemanfaatan selurh peserta (100%) menilai sangat bermanfaat. Kesimpulan kegatan ini adalah 1). terbentuknya Kelompok ibu hamil di Posyandu Kenanga I Kelurahan Mamajang Dalam Kecamatan Mamajang Kota Makassar. 2). Terjadi peningkatan pengetahuan pada kelompok ibu hamil di Wilayah Kelurahan Mamajang Dalam Kecamatan Mamajang Kota Makassar tentang pengenalan tanda bahaya kehamilan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-31

How to Cite

Hasani, R., & Genggeng, R. . (2019). Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Posyandu Kenanga I Kelurahan Mamajang Dalam Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Indonesian Journal of Community Dedication, 1(2), 33-36. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/community/article/view/212