EFEKTIVITAS SISTEM BERBASIS DATA TERKOMPUTERISASI PADA PELAYANAN RAWAT JALAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS BARUKKU KAB. SIDRAP)

Authors

  • Suanandar Said Universitas Muslim Indonesia
  • Samsualam Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Surahman Batara Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Sistem Informasi, Database, Rawat Jalan, PIECES

Abstract

Teknologi informasi dalam dunia kesehatan sebenarnya sudah sangat maju dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun kenyataannya dapat dilihat bahwa teknologi ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh penyedia layanan kesehatan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk manganalisis efektivitas penggunaan sistem berbasis data terkomputerisasi pada pelayanan rawat jalan Puskesmas Barukku Kab. Sidrap. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aplikasi basis data ini memiliki kecepatan dan akurasi data yang lebih baik dibandingkan dengan sistem lama. Kualitas informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan Puskesmas Barukku. Dari sisi ekonomi, dapat dilihat bahwa penggunaan aplikasi basis data ini bisa meminimalisir penggunaan biaya operasional serta dapat menigkatkan pendapatan Puskesmas dengan akurasi data yang dihasilkan. Kemanan yang dimiliki aplikasi ini berupa penggunaan password, backup data secara rutin, serta pemeliharaan sistem secara rutin. Layanan yang diberikan oleh aplikasi berupa kemudahan petugas dalam melakukan pekerjaannya serta kemudaha dalam mempelajari aplikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan sistem berbasis data terkomputerisasi memberikan manfaat bagi kinerja petugas di pelayanan rawat jalan Puskesmas Barukku.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-29

How to Cite

Said, S. ., Samsualam, & Batara, A. S. . (2019). EFEKTIVITAS SISTEM BERBASIS DATA TERKOMPUTERISASI PADA PELAYANAN RAWAT JALAN (STUDI KASUS DI PUSKESMAS BARUKKU KAB. SIDRAP). Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 13(6), 618-621. Retrieved from http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/94