FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KARIES GIGI PADA ANAK DI SDN 108 TAULAN KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • A. Amaliah Andi Jalante STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Suhartatik STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Syaipuddin STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Keywords:

Jenis Makanan, Karies Gigi, Kebiasaan Menggosok Gigi

Abstract

Karies adalah kematian tulang yang kemudian akan melunak, berubah warna, dan porus, menimbulkan inflamasi di periosteum dan jaringan sekitarnya (Mumpuni, dkk, 2013). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jenis makanan dan kebiasaan menggosok gigi dengan karies gigi pada anak di SDN 108 TaulanKec. Cendana Kab. Enrekang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan metode cross sectional study.Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak kelas 1 & kelas 2 di SDN 108 Taulan yang berjumlah 31 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan jumlah 31 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner program Microsoft Excel dan program statistic (SPSS) versi 20. Analisa data mencakup analisa univariat dengan mencari distribusi frekuensi, analisa bivariat didapatkan dengan uji Chi Square (ρ<0,05) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil analisa bivariat didapatkan ada hubungan antara jenis makanan dengan karies gigi (ρ=0,001) dan ada hubungan antara kebiasaan menggosok gigi dengan karies gigi (ρ=0,04). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara jenis makanan dan kebiasaan menggosok gigi dengan kejadian karies gigi pada anak di SDN 108 Taulan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Andi Jalante, A. A. ., Suhartatik, & Syaipuddin. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KARIES GIGI PADA ANAK DI SDN 108 TAULAN KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2), 129-133. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/247

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>