LITERATUR REVIEW : PENGARUH KEKERASAN KOMUNIKASI VERBAL (VERBAL ABUSE) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 3-6 TAHUN

Authors

  • Gustiayu Abdul Wahab STIKES nani hasanuddin
  • Ernawati Ernawati STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Husni Mahmuddin STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i3.545

Keywords:

Anak prasekolah, Kekerasan, Komunikasi Verbal, Pembentukan Karakter

Abstract

Kekerasan verbal / verbal abuse diartikan sebagai kekerasan yang berupa membentak, menolak anak, menghina, mempermalukan anak, memaki dan menakuti dengan menggunakan kata-kata yang tidak pantas. Usia dini (0-6 tahun) sering dinamakan masa golden age atau usia keemasan dimana struktur otak mirip dengan spon dengan daya serap tinggi terhadap informasi. Tujuan penelitain ini untuk mengetahui pengaruh kekerasan komunikasi verbal terhadap pembentukan karakter anak usia 3-6 tahun. Artikel dikumpul melalui Google scholar dan Pubmed dengan menggunakan kata kunci : Anak prasekolah, Kekerasan, Komunikasi Verbal, Pembentukan Karakter. Kriteria artikel yang digunakan yakni artikel yang dipublikasikan dari tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan Study Literature Review. Hasil penelitian dari literature yang di review sebanyak 6 artikel, semua artikel tersebut menyatakan bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara kekerasan komunikasi verbal terhadap pembentukan karakter anak usia 3-6 tahun. Kekerasan verbal dapat mempengaruhi tipe kepribadian dimana anak akan merasa tidak ada harga diri dan dapat menjadi lebih agresif di kemudian hari. Komunikasi atau kata – kata yang diucapkan oleh orang tua ataupun orang terdekatnya dapat mempengaruhi psikis anak.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Abdul Wahab, G., Ernawati, E., & Mahmuddin, H. (2021). LITERATUR REVIEW : PENGARUH KEKERASAN KOMUNIKASI VERBAL (VERBAL ABUSE) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 3-6 TAHUN. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 271-278. https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i3.545

Most read articles by the same author(s)