ANLISA HUBUNGAN PERKULIAHAN SISTEM DARING TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA STIKES NANI HASANUDDIN MAKASSAR

Authors

  • Surdan Samlawi STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Muzakkir STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Faisal Asdar STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i3.775

Keywords:

Perkuliahan Daring, Stres, Mahasiswa

Abstract

Kemendikbud mengeluarkan surat edaran instruksi kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan perkuliahan secara online. Kuliah online adalah pembelajaran berbasis internet yang dilakukan oleh mahasiswa, maupun dosen, dimana anggota dapat mempelajari materi, saling berinteraksi, mendiskusikan materi, dan mengembangkan diri lewat pengalaman belajar berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan tingkat stres mahasiswa STIKES Nani Hasanuddin Makassar, jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Mahasiswa S1 Keperawatan (A) STIKES Nani Hasanuddin Makassar Angkatan 2019 dengan jumlah responden 67. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan dalam bentuk goole form. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa yang menilai perkuliahan sistem daring tidak efektif dan memiliki tingkat stress sedang sebanyak (16,4%), dan memiliki tingkat stres berat sebanyak (55,2%). Sedangkan yang menilai perkuliahan sistem daring efektif dan memiliki tingkat stres sedang sebanyak (16,4%), dan memiliki tingkat stres berat (9,0%). Kesimpulan dari penelitiaan ini terdapat hubungan yang signifikan antara perkuliahan sistem daring dan tingkat stres mahasiswa.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Samlawi, S., Muzakkir, & Asdar, F. . (2022). ANLISA HUBUNGAN PERKULIAHAN SISTEM DARING TERHADAP TINGKAT STRES MAHASISWA STIKES NANI HASANUDDIN MAKASSAR. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(3), 349-354. https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i3.775

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>