Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Peningkatan Parenting Self Efficacy Pada Ibu Hamil Untuk Mencegah Postpartum Blues

Authors

  • Tri Rikhanirti Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar
  • Salina Salina Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar

Keywords:

Edukasi, Parenting Self Efficacy, Postpartum Blues

Abstract

Post partum blues adalah perasaan sedih dan bingung yang dirasakan kisaran 50-80% wanita usai bayinya lahir. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh dari pemberian edukasi dengan memakai media booklet terhadap peningkatan parenting self efficacy untuk mencegahan terjadinya post partum blues pada wanita hamil yang berusia dibawah 20 tahun. Metode penelitian yang dipergunakan merupakan quasi-eksperimen dengan 2 grup, yaitu grup Intervensi serta kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas kassi- kassi Makassar, Puskesmas Batua Makassar, dan puskesmas bara-baraya Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah wanita hamil dibawah umur 20 tahun sebanyak 48 responden, dimana 24 responden pada grup intervensi diberikan edukasi postpartum serta booklet. sedangkan  24 responden pada grup kontrol hanya diberi booklet saja. Uji statistik yang digunakan yaitu Friedman,  Mann Whitney serta Korelasi Rank Spearman’s. Hasil penelitian: menunjukan bahwa pemberian edukasi postpartum, parenting self-efficacy, postpartum blues, sectio caesarea ditingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh edukasi parenting self efficacy untuk mencegah terjadinya post partum blues P= 0,000 ( P<0,005) Kesimpulan: dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang bermakna antara variabel dukungan sosial dengan pengaruh pemberian edukasi terhadap peningkatan parenting self efficacy untuk mencegah post partum blues terhadap wanita hamil dibawah umur  20 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Rikhanirti, T., & Salina, S. (2023). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Peningkatan Parenting Self Efficacy Pada Ibu Hamil Untuk Mencegah Postpartum Blues. Jurnal Kebidanan Vokasional , 7(1), 22-28. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jkv/article/view/1195