Motivasi Mahasiswa Perawat Universitas Advent Bandung dalam Menghadapi Pembelajaran Daring dada Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Daniel Rony Tua Simatupang Universitas Advent Indonesia
  • Imanuel Sri Mei Wulandari Universitas Advent Indonesia

Keywords:

Covid-19, Daring, Motivasi

Abstract

Awal tahun 2020, dunia sedang waspada dengan virus yang bernama corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 yang menakutkan. COVID-19 mengakibatkan berbagai penyakit mulai dari flu ringan hingga dapat menimbulkan penyakit berat. Akibat pandemic ini banyak sekolah dan institusi Pendidikan yang ditutup sementara, sehingga sistem pembelajaran dilakukan secara online. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa perawat dalam menghadapi pembelajaran daring, dan adakah perbedaan motivasi belajar mahasiswa laki-laki dan perempuan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode  survey, sebanyak 124 mahasiswa perawat yang menjadi sampel di dalam penilitian ini.

Hasil penilitan ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi perawat dalam pembelajaran daringdengan rata-rata 79,01  masih dalam kategori  baik. Adapun Analisa secara univariat dan bivariat,ada 3 indikator yang mempunyai  perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan yaitu, indikator konsentrasi, indikator antusias, indikator pantang menyerah. Secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang signifikan motivasi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan.

Dapat disimpulkan bahwa para mahasiswa masih bisa menjaga motivasi belajar mereka selama proses pembelajaran daring ini berlangsung,dan bisa memanfaatkan fasilitas belajar dengan maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-07

How to Cite

Simatupang, D. R. T., & Imanuel Sri Mei Wulandari. (2021). Motivasi Mahasiswa Perawat Universitas Advent Bandung dalam Menghadapi Pembelajaran Daring dada Masa Pandemik Covid-19. Nursing Inside Community, 3(1), 1-7. Retrieved from http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/nic/article/view/370