Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Tanasitolo Kabupaten Wajo

  • Ruslang Ruslang Universitas Puangrimaggalatung, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan
  • Amir Imbaruddin STIA LAN Makassar
  • Halim Halim STIA LAN Makassar
Keywords: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Kualitas, Interaksi, Lingkungan Fisik, Hasil

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Tanasitolo Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Tanasitolo Kabupaten Wajo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Tanasitolo Kabupaten Wajo yang berjumlah 10.838 kunjungan. Penetapan sampel dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 99 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komponen kualitas interaksi (interaction quality) yang mencakup sikap petugas, perilaku petugas dan keahlian petugas dengan nilai rata-rata 4,22 (kategori berkualitas). Komponen kualitas lingkungan fisik (physical environment quality) yang mencakup kondisi ruangan, desain ruangan dan faktor sosial dengan nilai rata-rata 4,04 (kategori berkualitas). Komponen kualitas hasil (outcome quality) yang mencakup kesan dengan nilai rata-rata 4,22 (kategori baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

PJS Kesehatan. Jumlah Faskes dan Peserta, Diakses pada tanggal 25 November 2017, jam 19.59 WITA, http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/jumahPeserta

BPJS Kesehatan. 470 Kabupaten/Kota telah Intergrasikan Jamkesda ke JKN-KIS, Diakses pada tanggal 23 November 2017, jam 21.23 WITA, www.bpjs-kesehatan.go.id

Brady and Cronin. 2001. “Some New Thoughts on Conceptualizing Perceived Service Quality: A Hierarchical Approach”. Journal of Marketing, vol.63, no.3 July 2001:34-39.

Fitria, M. et.al. 2014. “Analysis of Service Quality According Brady and Cronin Concept in Pediatrics Clinic”. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, vol. 2, no. 1 Januari-Maret 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Buku Pengangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Nurcahyanti dan Setiawan. 2016. “Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada Kota Surabaya”. Jurnal Manajemen Kesehatan, vol. 3 no. 1 April 2017:15-30.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Surabaya: Salemba Medika.

Riyadi, R. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Skripsi Jakarta Barat: Universitas Islam Negeri Jakarta.

Sari. 2012. Studi Kualitas Jasa Instalasi Rawat Inap B dan C Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat I Raden Said Sukanto. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS

Republik Indonesia. Undang-Undang No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)

Wirdiyanto, W. 2008. Analisis Kepuasan Pasien Berdasarkan Importance-Performance Analysis dengan Menggunakan Dimensi Kualitas Jasa Brady dan Cronin (Studi di Klinik Spesialis Terpadu RSGMP FKG UNAIR). Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga Surabaya

Published
2019-04-22
How to Cite
Ruslang, R., Imbaruddin, A., & Halim, H. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Tanasitolo Kabupaten Wajo. Nursing Inside Community, 1(2), 33-41. https://doi.org/10.35892/nic.v1i2.55