PENGARUH RELAKSASI BENSON TERHADAP STRES ORANG TUA ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA COVID-19

Authors

  • Bambang Setyawan Kasid Universitas Nasional
  • Milla Evelianti Saputri Universitas Nasional
  • Rosmawaty Lubis Universitas Nasional

Abstract

Relaksasi Benson merupakan pengembangan metode respon relaksasi pernafasan dengan melibatkan faktor keyakinan pasien, yang dapat menciptakan suatu lingkungan internal sehingga dapat membantu pasien mencapai kondisi kesehatan dan kesejahteraan yang lebih tinggi. Teknik ini disebut dengan relaksasi benson, yaitu metodologi untuk membantu orang mengelola keadaan yang sedang mengusahakan dan upaya untuk meredakan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relaksasi benson terhadap stres orang tua. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksprimen Design dengan design pendekatan pretest – posttest dengan pendekatan the one group prestest posttest 20 orang tua yang menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan non probabilty sampling. Metode pengumpulan data dengan intervensi secara lansung dan menggunakan kuesioner yang sudah baku terdiri dari 42 pertanyaan yaitu DASS 42. Penelitian ini menggambarkan mayoritas distribusi frekuensi stres sebelum dilakukan teknik relaksasi benson sebanyak 9 responden (45%) mengalami stres sedang, dan sesudah dilakukan teknik relaksasi benson sebanyak 10 responden (50%) mengalami stres ringan, ada pengaruh teknik relaksasi benson terhadap tingkat stres sebelum dan sesudah perlakuan dilakukan, sebesar 0,000 (p value < 0,05). Ada pengaruh teknik relaksasi benson terhadap tingkat stres pada orang tua anak usia sekolah dasar kelas 1 – 6. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan temuan dalam penelitian ini dapat dijadikan perbandingan dalam penelitian kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Kasid, B. S., Saputri, M. E. ., & Lubis, R. . (2022). PENGARUH RELAKSASI BENSON TERHADAP STRES ORANG TUA ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA COVID-19. Nursing Inside Community, 4(2), 41-52. Retrieved from http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/nic/article/view/891