Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Kanker Payudara Terhadap Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Di SMK Negeri 3 Pangkep Tahun 2024

Authors

  • Sri Ayu Nata AKBID AISYAH PANGKEP
  • Nopiyanti Nopiyanti AKBID AISYAH PANGKEP
  • Muh. Asrul AKBID AISYAH PANGKEP
  • St. Nur Anisah AKBID AISYAH PANGKEP

DOI:

https://doi.org/10.35892/jikd.v19i3.2115

Keywords:

Pengetahuan, Perilaku SADARI, Sikap

Abstract

Masa remaja merupakan masa perubahan yang cepat yang memberikan kesempatan pendidikan untuk membentuk perilaku sehat hingga dewasa. Mempelajari perawatan payudara sendiri mendorong perilaku positif seperti melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kanker payudara dan sikap terhadap perilaku SADARI pada remaja putri di SMK Negeri 3 Pangkep Tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan survey analitik dan survei (Cross Sectional). Cross sectional adalah teknik yang secara bersamaan mengumpulkan data, mengamati, dan mengambil sampel untuk menganalisis dinamika variabel risiko yang berkorelasi dan konsekuensinya, dengan sampel 125 responden di SMK Negeri 3 Pangkep Tahun 2024. Hubungan antara variabel diuji menggunakan uji Chi-Square dengan nilai signifikan (a = 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signfikan antara pengetahuan ρ = 0.001 dan sikap ρ = 0.004 terhadap perilaku SADARI pada remaja putri di SMK Negeri 3 Pangkep Tahun 2024. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku SADARI pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Ayu Nata, S., Nopiyanti, N., Asrul, M. ., & Nur Anisah, S. (2024). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Kanker Payudara Terhadap Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Di SMK Negeri 3 Pangkep Tahun 2024. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 19(3), 1-6. https://doi.org/10.35892/jikd.v19i3.2115

Most read articles by the same author(s)