Hubungan Kualitas Pelayanan Imunisasi Dengan Kepuasan Ibu Bayi Dan Balita Di Posyandu Melati 2 Bonto-Bonto Wilayah Kerja Puskesmas Ma’rang Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.35892/jikd.v19i3.2119Keywords:
Bukti Fisik, Daya Tanggap, Kehandalan, Kepuasan Pelayanan ImunisasiAbstract
Salah satu upaya preventif untuk mengoptimalkan derajat kesehatan masyarakat yaitu melalui pemberian imunisasi sehingga dapat menurunkan angka kesakitan, kecatatan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kepuasan pasien adalah segala sesuatu yang dirasakan pasien berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang diterimanya setelah membandingkan dengan harapannya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan imunisasi dengan kepuasan ibu bayi di Posyandu Melati 2 Bonto-Bonto Wilayah Kerja Puskesmas Ma’rang Tahun 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional dan pengambilan sampel memakai teknik total sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 31 responden. Hubungan antara variabel diuji menggunakan uji Chi-Square dengan nilai signifikan (a = 0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara bukti fisik dengan dengan kepuasan ibu bayi di Posyandu Melati 2 Bonto-Bonto dengan nilai p-value 0.01, tidak ada hubungan antara daya tanggap dengan kepuasan ibu bayi di Posyandu Melati 2 Bonto-Bonto dengan nilai p-value 0.127, dan ada hubungan antara kehandalan dengan kepuasan ibu bayi di Posyandu Melati 2 Bonto-Bonto dengan nilai p-value 0.000. Kesimpulan kualitas pelayanan imunisasi dipengaruhi oleh bukti fisik dan kehandalan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan imunisasi sehingga akan meningkatkan kepuasan pada ibu.