Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Profesi Ners Dalam Pelayanan Praktek Klinik Di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i1.1292Keywords:
Praktek Klinik, Kualitas Pelayanan, KepuasanAbstract
Pengembangan dan peningkatan pemenuhan kepuasan mahasiswa profesi ners dalam pembelajaran klinik di rumah sakit sangat di pengaruhi oleh adanya pemberian layanan berupa servie quality maupun preceptorship yang terlaksana dengan baik. Teraktualisasinya kepuasan pelayanan yang diberikan oleh instansi perguruan tinggi serta rumah sakit berdasarkan service quality dan preceptorship akan berfungsi memberikan pemenuhan kebutuhan mahasiswa yang sangatlah penting yaitu sebagai pilar dalam membangun kemampuan pengetahuan mahasiswa profesi ners ketika melaksanakan praktik klinik di rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa profesi ners Stikes Nani Hasanuddin Makassar dalam pelayanan praktik klinik dirumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian deskriptik analitik dengan pendekatan cross sectional study, sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 responden mahasiswa profesi ners. Hasil penelitian ini menunjukkan service quality (P value=0,002 ), dimensi tangible (P value = 0,001), dimensi reliability (P value = 0,002), dimensi responsiviness (P value = 0,002), dimensi assurance (P value = 0,001 dimensi empathy (P value = 0,003), dan preceptorship (P value = 0,003). Dapat disimpulkan bahwa preceptorship serta service quality dan lima dimensinya berhubungan dengan tingkat kepuasan mahasiswa profesi ners Stikes Nani Hasanuddin Makassar dalam pelayanan praktik klinik di rumah sakit dengan nilai P value< 0,05. Maka diharapkan untuk institusi perguruan tinggi maupun rumah sakit agar lebih meningkatkan pelayanannya guna memberikan kepuasan pembelajaran yang sesuai dengan harapan mahasiswa.