Analisis Pengaruh Terapi Bibliotheraphy Terhadap Kemandirian Aktivitas Harian Anak Di SLB (Sekolah Luar Biasa) Al-alaq Makassar

Authors

  • Yuyun Marsela Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nani Hasanuddin
  • Amriati Mutmainna STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Jamila Kasim STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i3.1463

Keywords:

Autis, Bibiotheraphy, Kemandirian

Abstract

Salah satu hambatan pada anak-anak yang sebagai kekhawatiran pada orangtua merupakan autisme. Autisme   merupakan   suatu   jenis   gangguan   dalam   perkembangan   perfasif   anak kompleks dan berat yang biasanya sebelum anak berusia berusia tiga tahun. Perilaku   autisme   dapat   digolongkan   dengan   dua   jenis yaitu   perilaku   yang   eksesif (berlebihan) yang ditandai dengan perilaku yang hiperaktif dan tantrum serta perilaku defisit (berkekurangan) seperti ad anya gangguan dalam bicara ataupun kurangnya perilaku sosial dengan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bibliotheraphy terhadap kemandirian aktivitas harian anak di Sekolah Luar Biasa Al-alaq Makassar. Metode penelitian ini menggunakan metode analitik tipe pra eksperimen dengan pendekatan one group pre post test Design. Tempat penelitian beralamat di BTP jalan banggala no.102 di Sekolah Luar Biasa Al-alaq Makassar. Populasi sebanyak 40 siswa yang bersekolah. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 40 orang siswa dengan menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan terapi terdapat 27 responden (67,5%) kemandirian aktivitasnya dibantu total dan 13 responden (32,5%) kemandirian aktivitasnya dibantu setelah dilakukan terapi terdapat 14 responden (35,0%) kemandirian aktivitas responden dibantu dan 26 responden (65,0%) kemandirian aktivitas mandiri. Hasil uji statistik Wilcoxon Test diperoleh nilai p-value 0,03 artinya  nili p< (0,05), maka (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh bibliotherapy terhadap tingkat kemandirian aktivitas harian Anak Di SLB AL-Alaq Makassar. Kesimpulan ada pengaruh bibliotheraphy terhadap kemandirian aktivitas harian anak di SLB al-alaq Makassar.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Marsela, Y., Mutmainna, A. ., & Kasim, J. . (2024). Analisis Pengaruh Terapi Bibliotheraphy Terhadap Kemandirian Aktivitas Harian Anak Di SLB (Sekolah Luar Biasa) Al-alaq Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 4(3), 21-25. https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i3.1463

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>