HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD INPRES LANRAKI 1 DAYA
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i5.662Keywords:
Covid-19, Kemandirian Anak, Pembelajaran DaringAbstract
Pembelajaran daring merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan siswa dirumah dengan menggunakan koneksi internet. Kemandirian anak merupakan segala sesuatu yang dikerjakan anak dengan kemauan sendiri tanpa adanya arahan dari orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan pembelajaran daring dengan kemandirian anak pada masa pandemic Covid-19 di SD Inpres Lanraki 1 Daya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling, terdapat 51 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, pengukuran dan analisis dengan uji chi-square (p<0,05). Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran daring dengan kemandirian anak pada masa pandemic Covid-19 (p=0,006). Kesimpulan dalam penelitian adalah terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan kemandirian anak pada masa pandemic Covid-19 di SD Inpres Lanraki 1 Daya. Diharapkan agar siswa menjaga Kesehatan, dianjurkan untuk meningkatkan kemandirian dalam proses pembelajaran daring.