Hubungan Motivasi Menjadi Bidan Terhadap Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan Pada Mahasiswa DIII Kebidanan
Keywords:
Motivasi, Asuhan Kebidanan, Prestasi BelajarAbstract
Global Pendidikan harus akomodatif serta adaptif dan responsif terhadap perkembangan globalisasi yang terus terjadi supaya mutu pendidikan menerima kualitas yang baik, oleh karena itu kemampuan untuk belajar ialah hal yang paling penting dalam pendidikan kebidanan. Hal yang berperan krusial pada peningkatan prestasi belajar mahasiswa yaitu motivasi yang artinya motif yang bisa diartikan sebagai daya upaya yg mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Penelitian ini bertujuan buat mengalisis hubungan motivasi menjadi bidan terhadap peningkatkan prestasi belajar asuhan kebidanan kehamilan. Dengan metode penelitian yang dipergunakan merupakan quasi experimental design memakai rancangan non randomized control class pretest postest design. Sampel pada penelitian ini merupakan sebagian berasal dari mahasiswa tingkat I yang aktif pada Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makasssar bidang Studi D III Kebidanan yang dibagi menjadi 2 kelas kontrol sebesar 40 sampel dan kelas intervensi sebanyak 40 sampel, tetapi yang berhasil dianalisis sebesar 77 mahasiswa. Penelitian ini dimulai dari Bulan maret hingga dengan juni 2021. Setelah dilakukan olah data dengan menggunakan Uji Chi Square dan Uji T dengan SPSS 23 di dapatkan terdapat motivasi menjadi bidan terhadap peningkatkan prestasi belajar asuhan kebidanan kehamilan serta ada perbedaan motivasi menjadi bidan sebelum serta sehabis perlakuan di ke 2 kelas. Dapat disimpulkan bahwa motivasi menjadi bidan secar umum lebih baik di peningkatan prestasi belajar asuhan kebidanan kehamilan.