Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah Di TK AL-Muhajirin Kota Makassar
Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Kognitif AnakAbstract
Pola asuh orang tua adalah suatu cara yang ditempuh oang tua dalam membantu kemampuan berfikir anak untuk lebih baik. Orang tua memiliki cara sendiri dalam mengasuh anak dan mendidik anak. Usia prasekolah adalah usia dini dimana anak sebelum menginjak masa sekolah, Satu kemampuan yang sedang berkembang saat usia taman kanak-kanak adalah kognitif. Selama tahun-tahun prasekolah hubungan dengan orang tua atau pengasuh merupakan dasar bagi perkembangan anak. Kasih sayang orang tua atau pengasuh selama beberapa tahun pertama kehidupan merupakan kunci utama perkembangan kognitif anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia prasekoah di TK Al-Muhajirin Kota Makassar. Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional, populasi dalam penelitian sebanyak 60 orang tua yang memiliki anak di TK Al-Muhajirin Makassar dengan sampel 52 orang tua. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengelolaan data menggunakan program komputer, disajikan dalam bentuk tabel dan narasi analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan uji chi-Square (a=0,05). Hasil penelitian didapatkan hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak yaitu otoriter p=0,467, pola asuh demokrasi p=0,000 dan pola asuh permisif p= 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pola asuh orang tua (Demokrasi dan Permisif) dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Al-Muhajirin Kota Makassar.