PENGEMBANGAN MODUL PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) SEKOLAH DI SD INPRES BTN IKIP I KOTA MAKASSAR
Kata Kunci:
Pengetahuan, sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), SekolahAbstrak
PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. (Dep[kes RI,2007). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Modul PHBS Sekolah terhadap murid Sekolah dasar (SD) INPRES BTN IKIP I Kota Makassar. Pada penelitian ini menghasilkan Modul Perilaku hidup Bersih (PHBS) Sekolah, Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design yaitu : ”One-Grouppretest-posttest Design Dalam design ini terdapat satu kelompok diberi treatmen/perlakuan selanjutnya observasi, Perlakuan pada penelitian ini adalah Tahap pre test, Penerapan Modul, Evaluasi penerapan modul dengan cara Post tes. Pengaruh perlakuan (01 - 02) dimana 01 = Nilai pre test (sebelum dilakukan perlakukan), 02 = Nilai posttest (setelah dilakukan perlakuan) Pengaruh treatment dianalisis dengan uji beda Uji statistic yang digunakan adalah “T” test (Wilkhokson). Besar sampel /jumlah sampel 40 orang siswa SD IKIP I Makassar, Teknik pengambilan sampel secara klaster sampling, Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pada pengetahuan dan sikap setelah diberi modul PHBS Sekolah. Waktu penelitian adalah selama 6 bulan.