Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerimaan Keluarga Terhadap Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa-C YPPLB Pembina Makassar

Penulis

  • Satriana Dardi AKPER Gunung Sari Makassar

Kata Kunci:

Dukungan Sosial, Ekonomi Keluarga, Pengetahuan, Retardasi Mental Pada Anak

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada hubungan pengetahuan, ekonomi keluarga dan dukungan sosial dengan penerimaan keluarga terhadap anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa-C Yayasan Pembinaan Pendidikan Luar Biasa Makassar. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional Study yaitu dengan cara mengumpulkan data sekaligus pada suatu waktu. Jumlah populasi sebanyak 41 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Total sampling. Hasil penelitian ini menggunakan Uji statistik Uji Chi-Square SPSS Versi 23 dengan α = 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan pengetahuan dengan penerimaan keluarga pada anak retardasi mental karena p <α yaitu p = 0,008. Ada hubungan ekonomi keluarga dengan penerimaan keluarga pada anak retardasi mental karena p <α yaitu p = 0,008. Ada hubungan dukungan sosial dengan penerimaaan keluarga pada anak retardasi mental karena p <α yaitu p = 0,014.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-04-22

Cara Mengutip

Dardi, S. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerimaan Keluarga Terhadap Anak Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa-C YPPLB Pembina Makassar. Nursing Inside Community, 1(2), 49-54. Diambil dari https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/nic/article/view/57