HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI AKADEMIK ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE

Authors

  • Henni STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Maryam Jamaluddin STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • H. Arham Alam STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Keywords:

status gizi, prestasi akademik

Abstract

Status gizi terbagi atas gizi baik, gizi kurang, dan gizi lebih. Status gizi masyarakat ditentukan oleh makanan yang dimakan, hal tersebut dipengaruhi oleh penyebab lagsung, penyebab tidak langsung dan penyebab mendasar. Prestasi belajar siswa bukan semata-mata karena kecerdasan siswa saja tetapi ada faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor endogen yang meliputi faktor fisik dan psikis, faktor eksogen meliputi keluarga, faktor sekolah, dan lingkungan lain. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Analitik dan menggunakan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 82 siswa dan didapatkan 68 responden sesuai dengan kriteria inklusi dengan tehnik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi yang diisi langsung oleh peneliti dan data dioleh dengan Analisis Statistik menggunakan uji chi square dengan tingkat kesalahan (α=0.05) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil analisa data menunjukan hubungan status gizi dengan prestasi akademik anak kelas 5 sekolah dasar di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone degan nilai p=0.032 yang artinya <α=0.05 penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi akademik anak kelas 5 sekolah dasar di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-29

How to Cite

Henni, Jamaluddin, M., & Alam, H. A. (2020). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI AKADEMIK ANAK KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 216-220. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/355