ANALISIS BIAYA TERAPI PENYAKIT STROKE NON HEMORAGIK DI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI PERIODE DESEMBER 2010 – DESEMBER 2011

Authors

  • Ferna Indrayani STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Keywords:

Analisis biaya, Stroke Non Hemoragik, INA CBGs

Abstract

Stroke non hemoragik adalah tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. Penyakit stroke non hemoragik membutuhkan perawatan dan penyembuhan dalam jangka panjang dimana perawatan dan pengobatan untuk stroke non hemoragik memerlukan biaya yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengobatan stroke non hemoragik, rata-rata biaya total pengobatan, mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap biaya serta untuk mengetahui kesesuaian biaya riil pasien jamkesmas dengan pembiayaan kesehatan berdasarkan INA CBGs.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional yang menggunakan rancangan penelitian cross-sectional menurut perspektif rumah sakit. Metode pengambilan data dilakukan secara retrospektif yang di ambil dari bagian rekam medik meliputi karakteristik dan diagnosa penyakit, bagian instalasi farmasi meliputi data pengobatan dan perawatan, dan bagian keuangan meliputi data biaya pengobatan di RSUD Pandan Arang Boyolali. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji deskriptif untuk demografi pasien, uji korelasi untuk dua variabel yang berhubungan, dan uji one sample t-test untuk menyimpulkan adanya perbedaan yang bermakna pada rata-rata biaya pengobatan dengan kesesuain INA CBGs dengan menggunakan program SPSS statistik 17.0. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata biaya total pengobatan pasien rawat inap stroke non hemoragik berdasarkan jenis pembiayaan yaitu untuk pasien Umum sebesar Rp 2.500.802,- pasien Askes sebesar Rp 3.278.433,- dan pasien Jamkesmas Rp 1.411.961.-. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap biaya penyakit stroke non hemoragik yaitu penyakit penyerta dan lama rawat inap. Besarnya biaya riil pengobatan stroke non hemoragik pasien jamkesmas di RSUD Pandan Arang Boyolali lebih kecil dibandingkan dengan besarnya pembiayaan kesehatan berdasarkan INA CBGs.

 

Kata kunci: Analisis biaya, Stroke Non Hemoragik, INA CBGs, RSUD Pandan Arang Boyolali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-29

How to Cite

Indrayani, F. (2020). ANALISIS BIAYA TERAPI PENYAKIT STROKE NON HEMORAGIK DI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI PERIODE DESEMBER 2010 – DESEMBER 2011. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, 5(1), 12-16. Retrieved from http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jpsht/article/view/329