PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG OBAT PATEN DI APOTEK PERDOS FARMA KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Ayu Wijaya STIKES Amanah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jpsht.v6i1.544

Kata Kunci:

Apotek, Masyarakat, Obat Paten

Abstrak

Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menyelesaikan masalah terkait obat. Tuntutan pasien dan masyarakat akan peningkatan mutu pelayan kefarmasian ,mengharuskan adanya perluasa dari paradigma lama yang berorientasi kepada produk (Drug Oriented) menjadi paradigma baru yang berorientasi pada pasien (Patien Oriented) dengan filosofi pelayanan kefarmasian/Phamaceutical Care (Menkes RI, 2014).

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif dengan metode kuisioner pada responden terpilih yang memenuhi kriteria inklusi di Apotek Perdos Farma Kota Makassar 2021. Penelitian ini dilaksanakan di Apotik Perdos Farma Kota Makassar pada tanggal Mei-Juni 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang datang berkunjung ke Apotek Perdos Farma Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagaian masyarakat  yang membeli obat paten di Apotek Perdos Farma Kota Makassar yang memenuhui kriteria inklusi sebanyak 36 0rang. Pengumpulan data berupa data primer dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang berkunjung di Apotek Perdos Farma Kota Makassar 2021. Salah satu yang mempengaruhi persepsi masyarakat adalah mengenai pengetahuan dari obat paten itu sendiri di mana masyarakat mengetahui tentang obat paten yaitu pada saat mereka berobat ke Rumah sakit dan Apotek. Dari 36 responden terdapat 23 orang (63,9 %)  yang mengetahui tentang obat paten, dan 13 orang (36,1 %) yang tidak mengetahui tentang obat paten. Jawaban ini menunjukan bahwa mayoritas responden mengetahui betul tentang obat paten tersebut. Dari segi persepsi masyarakat tentang jenis obat paten yang dikonsumsi tentu perlu kita ketahui obat apa yang akan kita konsumsi, jangan sampai mengkonsumsi obat tapi tidak tahu apa fungsi dari obat tersebut, Masyarakat mengetahui jenis obat paten pada saat mereka membeli obat di Apotek. Dari 35 responden terdapat 22 orang (61,1 %) yang mengetahui jenis obat paten yang pernah dikonsumsi dan 14 orang (38,9 %) yang tidak mengetahuinya.

Berdasarkan hasil pembahasan terhadap studi persepsi masyarakat tentang obat paten di Apotek Perdos Farma Kota Makassar 2021 maka dapat di simpulkan bahwa dari 36 responden terdapat 24 orang (66.7 %) yang mempunyai persepsi tau terhadap obat paten dan sebanyak 12 orang(33,3%) yang mempunyai persepsi tidak tau terhadap obat paten.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-30

Cara Mengutip

Wijaya, A. . (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG OBAT PATEN DI APOTEK PERDOS FARMA KOTA MAKASSAR. Journal of Pharmaceutical Science and Herbal Technology, 6(1), 13-17. https://doi.org/10.35892/jpsht.v6i1.544