Pelatihan Deteksi Mandiri Kesehatan Mental dan Penanganan Dasar Menggunakan Metode Self-Empowerment Di Kota Makassar (Early Mental Disorder Alertness Program)

Authors

  • Erna Kadrianti STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Azniah STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Keywords:

Depresi, Gangguan Mental, Kesehatan Jiwa, Kemitraan, Pemberdayaan, Screening

Abstract

Stress dengan mekanisme koping yang rendah berujung pada kecendrungan depresi. Depresi merupakan masalah kesehatan yang tak banyak orang mampu membicarakannya secara terbuka, mencari pertolongan segera seperti penyakit fisik lainnya. Wanita sebagai subjek yang disebut-sebut sebagai populasi yang dua hingga lima kali lipat akan mengalami gangguan mental di sepanjang siklus hidupnya, maka perlu untuk meningkatkan literasi tentang apa yang dimaksud dengan kesehatan mental. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan mental pada perempuan melalui pelatihan deteksi mandiri dan penanganan dasar kesehatan mental di Makassar. Bersama dengan kelompok pendukung ASI Lactalover Makassar, yang telah bermitra sejak 2019-2020, akan melakukan beberapa kegiatan sepanjang tahun 2021, yakni pelatihan deteksi mandiri gangguan kesehatan mental, screening depresi postpartum, dan penanganan dasar gangguan kecemasan pada ibu hamil dan remaja putri. Sasaran kegiatan utama adalah anggota komunitas dan perempuan yang berada di wilayah deprivasi Kota Makassar. Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas mitra dengan prinsip pemberdayaan dan pemanfaatan teknologi. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan mental dan social perempuan khusunya mereka yang melewati fase maternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-01

How to Cite

Erna Kadrianti, & Azniah. (2021). Pelatihan Deteksi Mandiri Kesehatan Mental dan Penanganan Dasar Menggunakan Metode Self-Empowerment Di Kota Makassar (Early Mental Disorder Alertness Program). Indonesian Journal of Community Dedication, 3(2), 5-9. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/community/article/view/483