Edukasi Cuci Tangan 6 Langkah Kepada Masyarakat Untuk Mencegah Dan Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

Authors

  • Fitri A. Sabil STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Keywords:

Covid-19, Edukasi kesehatan, 6 langkah cuci tangan

Abstract

Prevalensi terpapar covid-19 semakin meningkat sehingga perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah sebagai upaya mencegah dan memutus mata rantai penularan Covid-19. Upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan yang dilakukan pemerintah tidak dapat berlangsung singkat. Hal tersebut memerlukan proses pemahaman dan adaptasi berkelanjutan. Proses ini penting dikarenakan perlunya waktu untuk membiasakan sebuah perubahan pola hidup dan aturan yang sebelumnya tidak terbiasa dilakukan. Salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penularan infeksi covid-19 yang makin bertambah adalah dengan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat mengenai 3M, terutama mencuci tangan, agar dapat dibiasakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Metode yang dilakukan adalah memberikan edukasi dalam bentuk penyuluhan pada setiap masyarakat yang mengunjungi di Puskesmas Tamalanrea BTP. Hasil didapatkan masih terdapat beberapa masyarakat yang masih kurang kesadaran untuk mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan oleh pihak Puskesmas dan masyarakat dominan tidak melakukan cuci tangan dengan tepat. Namun setelah diberikan edukasi dan contoh melakukan cuci tangan sesuai dengan prosedur 6 langkah cuci tangan, masyarakat mulai menyadari pentingnya cuci tangan sesuai dengan prosedur. Masyarakat menyatakan bahwa pemberian edukasi cuci tangan sangat bermanfaat bagi mereka karena selama ini mereka tidak melakukan sesuai dengan prosedur 6 langkah cuci tangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

A. Sabil, F. (2022). Edukasi Cuci Tangan 6 Langkah Kepada Masyarakat Untuk Mencegah Dan Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19. Indonesian Journal of Community Dedication, 4(1), 12-16. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/community/article/view/787