HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT JALAN RUMAH SAKIT GMIM KALOORAN AMURANG
Keywords:
Komunikasi Teraupetik, Kepuasan PasienAbstract
Keluhan yang sering disampaikan oleh pasien yang tidak puas adalah kurangnya komunikasi dari perawat dan ketidak jelasan akan proses perawatan, sehingga pasien akan mengeluhkan lamanya waktu menunggu perawat setelah proses masuk ruangan perawatan, lamanya perawat menjawab panggilan pasien, sikap perawat yang tidak bersahabat, kurang memberikan pendidikan kesehatan untuk perawatan dirumah, perawat kurang perhatian, perawat tidak menjelaskan tentang program pengobatan dan proses penyakit. Tujuan penelitian yaitu diketahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah SakitGMIM Kalooran Amurang. Jenis penelitian yaitu deskriptif analitik dengan metode pendekatan yang digunakan adalah cross sectional Study, waktu pada bulan Mei 2020 dan tempat penelitian di Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh paaien yang dirawat diruang rawat jalan .Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang berjumlah 42 responden. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% bila .Hasil penelitian nilai P = 0,002 yaitu lebih kecil dari nilai α = 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian terlihat bahwa sebagian besar perawat memiliki komunikasi terapeutik yang baik. Dari hasil penelitian terlihat bahwa sebagian besar pasien merasa puas dengan pelayanan kesehatan, Saran penelitian ini diharapkan Penelitian ini diharapkan dapat membantu kita lebih memahami tentang hubungan antara perawat pasien yang terapeutik.