PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT TADJUDDIN CHALID MAKASSAR

Authors

  • Tince Yunarwati Anin Universitas Muslim Indonesia
  • Rasyidin Abdullah Universitas Muslim Indonesia
  • Haeruddin Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Memilih Layanan

Abstract

Rumah Sakit mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, semakin banyaknya Rumah Sakit membuat masyarakat memiliki banyak pilihan, masyarakat selaku konsumen jasa memiliki kedaulatan sendiri untuk memilih jasa layanan yang berkualitas. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh rangsangan pemasaran yang dapat dilakukan dengan bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah strategi yang dapat diterapkan dengan harapan dapat menarik masyarakat untuk menggunakan jasa layanan yang disediakan yang terdiri dari products, price, promotion, place, people, physical evidence, process dan customer service. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan memilih layanan pasien rawat inap di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei analitik bersifat asosiatif kausal. Berdasarkan waktunya, pendekatan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap non asuransi yang berjumlah 91 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 sampel, ditentukan dengan teknik non probability sampling metode purpossive sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji regresi menunjukkan tidak ada pengaruh yang bermakna antara product (t Hitung 0,155 < t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,877 > α 0,05), price (t Hitung 1,112 < t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,270 > α 0,05), promotion (t Hitung 1,689 < t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,096 > α 0,05), people (nilai t Hitung -0,439 < t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,662 > α 0,05), physical evidence (t Hitung 0,106 < t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,916 > α 0,05) terhadap keputusan memilih layanan dan ada pengaruh yang bermakna antara place (t Hitung 2,909 > t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,005 < α 0,05), process (t Hitung 2,295 > t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,025 < α 0,05) dan customer service (t Hitung 2,845 > t Tabel 2,000 dengan signifikansi 0,006 < α 0,05) terhadap keputusan memilih layanan pasien rawat inap di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-18

How to Cite

Anin, T. Y. ., Abdullah, R. ., & Haeruddin. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH LAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT TADJUDDIN CHALID MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 13(5), 525-530. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/67