Perbandingan Efektivitas Intervensi Media Edukasi Kesehatan Berbasis Audio Visual Dan Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dalam Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i5.1685Keywords:
Pencegahan DM Tipe 2, PengetahuanAbstract
Diabetes melitus merupakan gangguan proses metabolisme gula darah yang berlangsung kronik ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang diakibatkan oleh gangguan pengeluaran insulin, resistensi insulin atau keduanya. Tujuan penelitian ini untuk perbandingan efektivitas intervensi media edukasi kesehatan berbasis audio visual dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam pencegahan diabetes melitus tipe 2 di SMA Negeri 21 Makassar. Penelitian ini menggunakan rancangan one grup pre test dan one grup post test design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, populasi 432 dan didapatkan 81 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan dianalisis dengan uji sample paired t-test (p<0,05). Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya perbandingan intertensi media edukasi kesehatan dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja dengan nilai signifikan (p=0,000). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbandingan pemberian intervensi media edukasi kesehatan audio visual dan booklet. Terdapat pengaruh pemberian intervensi media edukasi kesehatan audio visual dan booklet. Media edukasi audio visual lebih efektif dari pada booklet. Saran diharapkan kepada anak sekolah untuk lebih banyak belajar mengenai pencegahan diabetes melitus tipe 2.