Hubungan Penggunaan Gadget Tehadap Social Behavior Pada Siswa SMK Kartika XX-I Makassar

Authors

  • Agwila D Roempoembo Stikes nani Hasanuddin
  • Yusran Haskas STIKES Nani Hasanuddin
  • Indah Restika BN STIKES Nani Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v5i5.2015

Keywords:

Gadget, Perilaku sosial

Abstract

Gadget merupakan sarana teknologi yang diciptakan secara canggih dan praktis dan didalamnya terdapat banyak aplikasi sesuai fungsinya masing-masing. Perilaku sosial adalah aspek yang wajib ditanamkan kepada diri. Karena perilaku sosial akan berdampak pada prestasi seseorang dan pada prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua factor. Gadget menjadi salah satu faktor utama dalam turunnya Social Behavior pada anak remaja di karenakan kecanduan pada gadget, seperti kecanduan game online (game moba, battleground) yang bisa menghabiskan waktu dan mengabaikan interaksi dengan teman sebaya di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara penggunaan gadget terhadap social behavior (perilaku sosial) pada siswa di SMK KARTIKA XX-I Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan populasi 187 siswa teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, khususnya simple random sampling total sampel 127 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner perilaku social dan kuesioner durasi penggunaan gadget dan dianalisis dengan uji Chi-Square (p=0,05). Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara penggunaan gadget terhadap social behavior dengan nilai p=0,002, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap social behavior.

Downloads

Published

2025-09-28

How to Cite

Roempoembo, A. D., Haskas, Y. ., & Restika BN, I. (2025). Hubungan Penggunaan Gadget Tehadap Social Behavior Pada Siswa SMK Kartika XX-I Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 5(5), 6-11. https://doi.org/10.35892/jimpk.v5i5.2015

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>