GAMBARAN SIKAP DAN PERILAKU PERAWAT DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI RSUD HAJI MAKASSAR

Authors

  • abd wahab darwis STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i2.752

Keywords:

Perilaku; Protokol kesehatan Covid-19; Sikap

Abstract

Abd. Wahab Mustajab “Gambaran Sikap Dan Perilaku Perawat Dalam Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Di RSUD Haji Makassar” (Dibimbing Oleh : Yasir Haskas dan Sriwahyuni)

Dari data peningkatan kasus covid-19 membuat dampak yang melumpuhkan hampir semua aspek kehidupan sehingga pemerintah mengeluarkan kebijaka berupa penerapan protokol kesehatan. Sehingga seemua orang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik dengan orang lain.Tujuan penelitian untuk menegetahui gambaran  sikap dan perilaku perawat dalam penerapan protokol kesehatan covid-19 di RSUD Haji Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode acak random. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala ruangang keperawatan yang berjumlah 13, maka sampel dalam peneltian adalah 6 responden, Penelitian ini adalah dengan menggunakan cara wawancara dan lembar observasi. Dengan mengajukan pertanyaan kemudian responden menjawab dengan direkam jawabannya di alat perekam suara atau handpone. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diruang keperawatan RSUD Haji Makassar dengan wawancara didapatkan 6 responden yaitu kepala ruangan mengenai sikap dan perilaku perawat dalam penerapan protokol kesehatan seperti pemakaian APD tingkat pertama, mencuci tangan, menjaga jarak dan memberi arahan kepada keluarga pasien tentang protokol kesehatan sudah baik. Perilaku atau respon tindakan perawat dalam penerapan protokol krsehatan sudah mulai optimal meskipun masih ada perawat yang lalai dalam penerapan protokol kesehatan.

 

Kata Kunci : Perilaku; Protokol kesehatan Covid-19; Sikap

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

darwis, abd wahab. (2022). GAMBARAN SIKAP DAN PERILAKU PERAWAT DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI RSUD HAJI MAKASSAR. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(2), 252-258. https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i2.752