andika i sujono Respon Edukasi Diabetes Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengaturan Diet Pada Diabetes Melitus Tipe 2

Authors

  • andika sujono STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • syaifuddin syaifuddin STIKES Nani Hasanuddin
  • Yusran Haskas STIKES Nani Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i6.985

Keywords:

Diabetes Education, Diet

Abstract

Diabetes Melitus (DM) atau yang biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit gangguan metabolisme tubuh yang menahun akibat hormon insulin dalam tubuh yang tidak dapat digunakan secara efektif dalam mengatur keseimbangan gula darah sehingga meningkatkan konsentrasi kadar gula di dalam darah. Salah satu upaya yang memegang peranan penting dalam penatalaksanaan meningkatkan menejemen diri Diabetes Miletus tipe 2 adalah edukasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon edukasi diabetes dalam meningkatkan kepatuhan pengaturan diet pada Diabetes Melitus tipe 2 di Puskesmas Galesong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experimental pre-post test without one group design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan nilai mean ± SD kepatuhan pengaturan diet sebelum edukasi diabetes yaitu 42,29 ± 4,076, sedangkan sesudah edukasi diabetes yaitu 49,10 ± 3,850. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -8,186 dan nilai ρ=0,000, demikian hipotesis alternatif diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah respon edukasi diabetes dalam meningkatkan kepatuhan pengaturan diet pada Diabetes Melitus tipe 2 di Puskesmas Galesong.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

sujono, andika, syaifuddin, syaifuddin, & Haskas, Y. . (2024). andika i sujono Respon Edukasi Diabetes Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pengaturan Diet Pada Diabetes Melitus Tipe 2. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(6), 163-169. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i6.985

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>