HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN GADGET DI SMPN 3 CAMBA

Authors

  • Nurul Khalisa STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Fitri A Sabil
  • Irnawati

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i3.578

Keywords:

Interaksi Sosial, Penggunaan Gadget, Prestasi Belajar

Abstract

Gadget adalah perangkat atau alat elektronik yang memiliki fungsi khusus dan media yang saat ini sangat sulit untuk dipisahkan dengan anak-anak. Penggunaan gadget terus meningkat dari tahun ke tahun dan penguna di nominasi oleh anak-anak. Tedapat dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh gadget, tergantung bagaimana seseorang memanfaatkannya. Dampak positif dari gadget yaitu sebagai media komunikasi jarak jauh, media informasi dan hiburan sedangkan salah satu dampak negatif gadget adalah kinerja akademis yang buruk, keterampilan dan memori yang berkurang serta hubungan sosial yang buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dan prestasi belajar siswa dengan penggunaan gadget di SMPN 3 Camba Kab. Maros. Penelitian ini menggunakan desainĀ  cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, di dapatkan 51 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, lembar observasi dan dianalisis dengan uji chi square. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak adanya hubungan interaksi sosial dengan penggunaan gadget (p=0,1), dan adanya hubungan prestasi belajar siswa dengan penggunaan gadget (p=0,02). Kesimpulan dalam penelitian adalah tidak ada hubungan interaksi sosial dengan penggunaan gadget dan ada hubungan prestasi belajar siswa dengan penggunaan gadget di SMPN 3 Camba Kab. Maros.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Khalisa, N., Sabil, F. A., & Irnawati. (2021). HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN GADGET DI SMPN 3 CAMBA . JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 1(3), 255-262. https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i3.578

Most read articles by the same author(s)