Nurlin Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di RSUP Dr.Tadjuddin Chalid Makassar

Authors

  • Nurlin Asmin Stikes Nani Hasanuddin
  • Fitri A Sabil Stikes Nani Hasanuddin Makassar
  • Mutmainnah innah Stikes Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i2.770

Keywords:

Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merupakan tujuan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan untuk menimbulkan rasa puas terhadap diri setiap pasien. kualitas layanan yang berkaitan dengan kepuasan yang ditentukan oleh lima unsur yang biasa dikenal dengan istilah layanan RATER (responsivenes, assurance, tangible, empaty dan reliability). Diketahuinya hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survei analitik yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana  dan mengapa suatu fenomena bisa terjadi, dengan menggunakan pendekatan cross section. pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling yaitu purposive sampling, didapatkan 52 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan dengan cara memberi atau mengajukan seperangkat pertanyaan atau pertanyaan tertulis kepada responden. Hasil penelitian bivariat menunjukkan adanya hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien (ρ = 0.003). Kesimpulan dalam penelitian ini adanya ada hubungan  yang signifikan antara Kualitas Pelayanan kesehatan dengan Kepuasan Pasien di RSUP Dr.Tadjuddin Chalid Makassar.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Asmin, N., Sabil, F. A. ., & innah, M. (2022). Nurlin Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di RSUP Dr.Tadjuddin Chalid Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(2), 280-287. https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i2.770

Most read articles by the same author(s)