Sosialisasi Pelayanan Kefarmasian Melalui Pelayanan Resep Diabetes Mellitus di Apotek Mujarab
DOI:
https://doi.org/10.35892/community.v5i1.2152Kata Kunci:
Apotek Mujarab, Diabetes Mellitus, Pelayanan ResepAbstrak
Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat sosialisasi pelayanan kefarmasian melalui pelayanan resep diabetes mellitus di Apotek Mujarab. Pelayanan resep merupakan salah satu program yang dirancang untuk untuk memastikan rasionalitas, seperti kecocokan dosis, interaksi obat, dan kesesuaian dengan kondisi pasien, misalnya pada penderita penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus. Tujuan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yaitu Memberikan edukasi kepada pasien Diabetes Mellitus tentang penggunaan obat sesuai resep, meliputi dosis, waktu pemberian, dan potensi efek samping. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini diawali dengan persiapan yaitu Melakukan survei awal untuk mengetahui kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kefarmasian pada pasien Diabetes Mellitus di sekitar Apotek Mujarab, kemudian berkoordinasi dengan apoteker penanggung jawab apotek untuk menyusun materi dan rencana kegiatan, setelah itu membuat bahan sosisalisasi dengan media leaflet yang berisi tentang informasi dasar tentang diabetes mellitus, rasionalitas penggunaan obat serta efek samping dan interaksi obat. Kegiatan PKM dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 21 Mei 2022 di Apotek Mujarab. Hasil dari kegiatan sosialisasi pelayanan kefarmasian melalui pelayanan resep diabetes mellitus di Apotek Mujarab menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin terdiri dari perempuan sebanyak 11 orang (55%) dan laki-laki sebanyak 9 orang (45), sedangkan berdasarkan umur meliputi 30-40 tahun sebanyak 5 orang (25%), 41-50 tahun sebanyak 12 orang (60%) dan 51-60 tahun sebanyak 3 orang (15%). Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan potensi dampak signifikan dari edukasi terhadap kelompok yang lebih berisiko, sekaligus pentingnya terus meningkatkan aksesibilitas untuk kelompok usia yang lebih tua.