PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN MIOPIA PADA SISWA SMP NEGERI 12 MAKASSAR
Keywords:
Durasi Bermain, Frekuensi Bermain, Jarak PandangAbstract
Miopia merupakan kondisi seseorang tidak dapat melihat objek jarak jauh dengan baik. Miopia dikenal juga dengan sebutan rabun jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dengan kejadian miopia pada siswa SMP Negeri 12 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan tehnik probability sampling dengan metode simple random sampling didapatkan 79 responden. Cara pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner, pengukuran dan di analisis dengan uji chi square (p<0.1). Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya pengaruh antara jarak pandang dengan kejadian miopia (p=0,052), terdapat pengaruh antara durasi bermain dengan kejadian miopia (p=0.079), dan tidak ada pengaruh antara frekuensi bermain dengan kejadian miopia (p=0,200). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara jarak pandang dan durasi bermain dengan kejadian miopia sedangkan tidak ada pengaruh antara frekuensi bermain dengan kejadian miopia pada siswa SMP Negeri 12 Makassar. Diharapkan agar siswa dan orang tua tetap memperhatikan faktor yang dapat menyebabkan kelainan tajam penglihatan.