FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS SALO KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Frida Yuanita Akademi Kebidanan Aisyah Kabupaten Pangkep
  • Sukri Palutturi Universitas Hasanuddin Makassar
  • Jalil Genisha Universitas Hasanuddin Makassar

Keywords:

Faktor Kepuasan, BPJS, Puskesmas

Abstract

BPJS kesehatan adalah Badan Penyelenggra Jaminan Sosial yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. Tujuan untuk mengetahui pengaruh kehandalan, bukti fisik, ketanggapan, jaminan dan empati secara simultan terhadap kepuasan pasien BPJS. Metode penelitian ini menggunankan rancangan Cross Sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 129 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil Penelitian dari analisis berganda menunjukan bahwa BPJS=9,167+1,073 yang berarti setiap variabel berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien BPJS. Dari hasil uji t menunjukan bahwa ada 2 (dua) variabel yang tidak signifikan yaitu variabel jaminan 0,679>0,05 dan empati 0,845>0,05. Hasil uji f menunjukan tingkat signifikan 0,00<0,05 ini berarti semua variabel berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Nilai R square variabel ini adalah 0,784 berarti 78,4% kepuasan pasien BPJS di pengaruhi oleh semua variabel. Kesimpulan ada pengaruh antara variabel kehandalan, bukti fisik, ketanggapan, jaminan, empati terhadap kepuasan pasien BPJS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-05

How to Cite

Yuanita, F. ., Palutturi, S. ., & Genisha, J. . (2021). FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS SALO KABUPATEN PINRANG. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 16(1), 22-32. Retrieved from https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/442