HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL CARE DENGAN TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA
DOI:
https://doi.org/10.35892/jikd.v17i2.864Keywords:
Antenatal care, Kepuasan, PrimigravidaAbstract
Kematian ibu telah lama menjadi masalah prioritas kesehatan global dan merupakan target kelima dalam MDG’s. Angka kematian ibu (AKI) merupakan salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan. Melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil untuk memastikan kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan. Pemeriksaan tersebut dilakukan baik secara fisik maupun mental untuk memastikan ibu dan bayi sehat, dapat mendeteksi komplikasi, serta mencegah komplikasi yang dapat mengancam. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan antenantal care sangat diperlukan agar dapat meminimalisir kesulitan yang ditemukan pada saat persalinan terutama pada ibu hamil primigravida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan antenatal care dengan tingkat kepuasan ibu hamil primigravida. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS. Penelitian menunjukkan enam variabel kualitas pelayanan yang diteliti menunjukkan hubungan yang signifikan yaitu safety ( p = 0.002), Effective (p=0.009), Patient-Centered (p=0.011), Timely (p=0.011), Efficient (p=0.019) , Equitable (p =0.013).