PENGARUH PERSEPSI PASIEN UMUM KELAS III TENTANG KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT DI INSTALASI RAWAT INAP RS IBNU SINA YBW-UMI MAKASSAR TAHUN 2019
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit, Kepercayaan PasienAbstrak
Citra terbentuk dari bagimana perusahaan melaksanakan kegiatan operasionalnya yang mempunyai landasan utama pada segi pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana persepsi pasien tentang kualitas pelayanan terhadap citra Rumah Sakit Ibnu Sina. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien kelas III yang berada ruang rawat inap RS Ibnu Sina. Besar sampel dalam penelitian ini sebanayak 72 responden dengan perhitungan jumlah sampel dengan menggunakan taraf kesalahan 5%. Data dianalisis menggunakan uji chi squar dan binary logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pasien umum tentang kualitas pelayanan terhadap citra RS. Ibnu Sina Makassar ditinjau dari dimensi penampilan fisik tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan nila p = 1,000 > α (0,05). Sedangkan persepsi pasien umum tentang kualitas pelayanan terhadap citra RS. Ibnu Sina Makassar ditinjau dari dimensi kompeten dan kepercayaan, memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai p = 0,000 < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian tidak ada hubungan penampilan fisik terhadap citra RS. Ibnu Sina Makassar dan ada hubungan kompeten dan kepercayaan terhadap citra RS. Ibnu Sina Makassar tahun 2019. Diharapkan kepada instansi terkait, pembenahan kualitas pelayanan dari dimensi untuk peningkatan citra rumah sakit harus dari prioritas perbaikan dimensi yang memiliki pengaruh yang kuat dalam peningkatan citra rumah sakit.