Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Homecare Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kota Makassar

Penulis

  • Rosnania Rosnania Universitas Megarezky
  • Afrida Afrida Universitas Megarezky
  • Muhammad Nur Said Nur Puskesmas Bangkala Kota Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jikd.v18i3.1550

Kata Kunci:

Kepuasan pasien, Homecare

Abstrak

Homecare merupakan program pelayanan kesehatan secara komprehensif dan berkesinambungan yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal, dengan tujuan untuk meminimalkan dampak penyakit, serta meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga dalam pemeliharaan dan perawatan anggota keluarga yang mempunyai masalah kesehatan. Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian dari penyelenggara layanan kesehatan dalam menjalankan perannya, sementara masih ditemukan kendala didalam pelayanan homecare. Tujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan homecare. Metode penelitian Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2023 di Wilayah kerja Puskesmas Bangkala dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan homecare di wilayah kerja Puskesmas Bangkala sebagian besar responden merasa puas yaitu sebanyak 83,3%. Kesimpulan Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dari pelayanan keperawatan yang bermutu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-17

Cara Mengutip

Rosnania, R., Afrida, A., & Nur, M. N. S. (2024). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Homecare Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kota Makassar . Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 18(3), 25-30. https://doi.org/10.35892/jikd.v18i3.1550