Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa DIII Kebidanan Tentang Perubahan Fisik Sistem Integumen Ibu Hamil
DOI:
https://doi.org/10.35892/jikd.v19i2.1906Kata Kunci:
Augmented Reality, Ibu Hamil, Media Pembelajaran, Pengetahuan, Perubahan Fisik Sistem IntegumenAbstrak
Kehamilan menyebabkan terjadinya beberapa perubahan umum pada wanita, hampir seluruh sistem organ wanita mengalami perubahan anatomis dan fungisional yang disebabkan meningkatnya hormonal yang dikeluarkan oleh plasenta Penelitian ini bertujuan melihat hubungan pengaruh media pembelajaran berbasis AR terhadap pengetahuan mahasiswa kebidanan tentang materi perubahan fisik system integument pada ibu hamil. Metode Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Sampel berjumlah 92 mahasiswa dipilih secara Purposive Sample, dibagi dalam 2 kelompok intervensi dan kontrol. Kelompok intervensi berjumlah 62 mahasiswa dan kelompok kontrol berjumlah 30 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Untuk menguji perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah perlakuan pada kelompok kontrol dan intervensi Analisa data pada penelitian ini menggunakan Uji Man-whitney dan uji Friedman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pengukuran peningkatan pengetahuan pada kelompok kontrol dan intervensi sebelum dan sesudah di berikan intervensi. Peningkatan pengetahuan yang lebih besar terjadi pada kelompok intervensi dengan nilai p value <0.001 dengan berkontribusi. Maka dapat disimpulkan secara statistik media pembelajaran berbasis AR signifikan dalam meningkatkan pengetahuan tentang perubahan fisik sistem integumen pada ibu hamil