PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PEMANFAATAN DI MD CLINIC MAKASSAR TAHUN 2018

Penulis

  • A. Nurmiftahul Jannah Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Universitas Muslim Indonesia
  • Yusriani Universitas Muslim Indonesia

Kata Kunci:

Loyalitas Pemanfaatan, Pengalaman Konsumen

Abstrak

Menciptakan atau meningkatkan loyalitas konsumen adalah suatu langkah dalam proses untuk membentuk ikatan dengan konsumen, yaitu dengan memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan konsumen, yaitu dengan memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan, harapan, dan keinginan konsumen. Proses penyediaan layanan memberikan kontribusi yang penting dalam membentuk persepsi konsumen akan kualitas pelayanan. Dalam studinya juga menyatakan bahwa pengalaman konsumen akan kepuasan yang dijalani selama proses perawatan lebih banyak menentukan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengalaman konsumen dengan loyalitas pemanfaatan MD Clinic Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan dengan desain studi cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dimana populasinya sebanyak 510 responden dan sampel penelitian ini adalah sebanyak 85 responden dengan cara pengumpulan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan sistem quota sampling. Uji statistik pada analisis bivariat menggunakan uji regresi dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik, dengan hasil berupa Odds Ratio (OR). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pengalaman konsumen terhadap loyalitas pemanfaatan MD Clinic Makassar Tahun 2018, tetapi tidak ada hubungan antara dimensi terhadap loyalitas pemanfaatan MD Clinic Makassar Tahun 2018. Dengan demeikian pihak klinik harus memberikan pelatiahan kepada beautycient maupun dokter agar menerapkan sop yang ada dan lebih mengetahui tekhnologi perawatan yang ada. Serta memperbaharui job analysis jika terjadi perubahan proses kerja, dan membuat pemodelan yaitu dengan menghadiri beberapa karyawan yang berprestasi sebagai model yang patut ditiru oleh karyawan lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-27

Cara Mengutip

Jannah, A. N. ., Ahri, R. A. ., & Yusriani. (2019). PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PEMANFAATAN DI MD CLINIC MAKASSAR TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 14(3), 275-282. Diambil dari https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/249

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama