HUBUNGAN MOTIVASI MENJADI PERAWAT DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA TINGKAT II DI AKPER MAPPA OUDANG MAKASSAR

Penulis

  • Erna Kadrianti STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Adriani Kadir STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • M. Ilham STIKES Nani Hasanuddin Makassar

Kata Kunci:

Motivasi, Perawat, Indeks Prestasi Kumalatif

Abstrak

Mahasiswa dalam proses perkuliahan di perguruan tinggi akan ditentukan oleh prestasi belajar, parameter keberhasilan mahasiswa dalam belajar dapat dilihat dari nilai akademik atau indeks prestasi (IP). Prestasi belajar adalah suatu hasil yang telah diperoleh atau dicapai dari aktivitas yang telah dilakukan atau dikerjakan. Dengan mengetahui prestasi belajar mahasiswa dapat diketahui kedudukan mahasiswa yang pandai, sedang atau kurang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan motivasi menjadi perawat dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa tingkat II di Akper Mappa Oudang Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat observasional analitik dengan rancangan cross sectional studi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden, dimana cara pengambilan sampel yaitu total sampling dengan menerapkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil uji hipotesis chi square diperoleh nilai ρ=0,490 > α (0,05). Dari hasil pembahasan peneliti menarik simpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara motivasi menjadi perawat dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa tingkat II di Akper Mappa Oudang Makassar. Peneliti menyarankan agar tenaga pengajar yang terlibat dalam proses belajar mengajar lebih dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar dan menciptakan suasana lingkungan dan hubungan akademik mahasiswa yang memotivasi belajar mahasiswa dan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam perkembangan ilmu keperawatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-29

Cara Mengutip

Kadrianti, E., Kadir, A., & M. Ilham. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI MENJADI PERAWAT DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA TINGKAT II DI AKPER MAPPA OUDANG MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 300-305. Diambil dari https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/368

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama