Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i1.1283Keywords:
Kepuasan Pasien, Perilaku Caring PerawatAbstract
Keperawatan merupakan profesi yang mengedepankan sikap "cure", atau kepedulian dan kasih sayang terhadap pasien. Pasien akan mengelu bila perilaku caring yang dirasakan tidak memberikan nilai kepuasan baginya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan scross-sectional Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah accidental (convinience) sampling, dengan besaran sampling sebanyak 45 responden di ruang rawat inap RSUD Labuang Baji Makassar. Hasil penelitian sebagian besar responden menyatakan bahwa perawat sudah memiliki parilaku caring sebanyak 35 orang (77,8%) dan ada 6 orang (13,3%) yang menyatakan perawat belum caring sama halnya dengan kepuasan sebagian besar responden sudah merasa puas dengan pelayanan perawat yaitu sebanyak 39 orang (86,7%) dan yang tidak puas ada 6 orang (13.3%) dari hasil di atas dapat disimpulakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien dimana nilai p=0.001 < ɑ (ɑ 0,05). Semakin baik perilaku caring perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien maka tingkat kepuasan pasien pada pelayanan akan semakin baik pula.