HUBUNGAN SIKAP ASERTIF PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP
Keywords:
Asertif perawat, kualitas pelayananAbstract
Dalam pelayanan rumah sakit, peran perawat dalam mewujudkan kepuasan pasien sangat penting. Hal ini dikarenakan arena perawat merupakan komponen SDM terbesar di rumah sakit, memberikan layanan terdepan dan terlama interaksinya dengan pasien yaitu 24 jam dalam sehari. Diketahui apa saja yang berhubungan dengan sikap asertif perawat terhadap kualitas pelayanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik penelitian ini akan melakukan pengukuran variabel independen dan dependen, kemudian akan menganalisa data yang terkumpul untuk mencari hubungan antar variabel dalam penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas di Kec. Nosu, Sulawesi barat. Penelitian ini adalah pasien yang pernah atau sedang melakukan perawatan disalah satu ruang inap puskesmas nosu. Dengan sebagian jumlah populasi sebanyak 105 orang, maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Penelitian menggunakan kuesioner dengan menggunakan metode Google Form, dengan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah mengumpulkan serangkaian data baik jurnal maupun artikel. Skala digunakan yaitu skala nominal. Hasil penelitian yang dimulai pada bulan Juni 2020 yang melibatkan 40 responden menggunakan uji Chi Square dengan tabel 2 x 2 dan berdasarkan perhitungan SPSS versi 20 diperoleh hasil dari analisis hubungan antara sikap asertif perawat dalam memberikan pelayanan dan kualitas pelayanan keperawatan yaitu p value = 0,001. maka dapat disimpulkan p < α artinya ada hubungan antara sikap asertif perawat dalam memberikan pelayanan dan kualitas pelayanan keperawatan.