Gambaran Pengetahuan Siswa Tentang Bahaya Merokok Di Sma Negeri 12 Makassar

Authors

  • serly serly Sekolah Tinggi Ilmu Kesehetan Nani Hasanuddin
  • Muzakkir Muzakkir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nani Hasanuddin
  • Faisal Asdar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nani Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i1.1288

Keywords:

Pengetahuan, Bahaya Merokok

Abstract

Merokok adalah salah satu perilaku yang paling berbahaya. Paparan bahan kimia seperti nikotin dan tar yang terkandung dalam rokok merupakan akar dari berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan disfungsi jantung yang disebabkan oleh paparan tersebut. Pada kondisi merokok, pembuluh darah di beberapa bagian tubuh menyempit. Dalam situasi ini, lebih banyak tekanan diperlukan untuk menjaga darah mengalir ke organ tubuh dalam jumlah yang tepat. Jantung harus memompa darah lebih keras, yang meningkatkan tekanan di pembuluh darah. Selain itu, juga menyebabkan indera penciuman dan perasa pelaku memburuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran pengetahuan siswa tentang bahaya merokok di SMA Negeri 12 Makassar. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel yaitu total sampling . Dengan jumlah sampel 36 orang Siswa/i. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Analisa dengan menggunakan Analisa univariat. Hasil penelitian ini yang dilakukan SMA Negeri 12 Makassar dapat di tarik kesimpulan bahwa frekuensi responden terdapat pengetahuan baik sebanyak 8 responden, pengetahuan cukup sebanyak 18, responden dan pengetahuan Kurang berjumlah 10 responden dari hasil tersebut terlihat bahwa mayoritas pengetahuan siswa tentang rokok berada pada tingkat cukup.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

serly, serly, Muzakkir, M., & Asdar, F. (2023). Gambaran Pengetahuan Siswa Tentang Bahaya Merokok Di Sma Negeri 12 Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(1), 71-77. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i1.1288

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2