Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Perilaku Bullying Dikalangan Pelajar Smp Negeri 12 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i2.1445Keywords:
Bullying, Lingkungan Sekolah, PelajarAbstract
Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Lingkungan sekolah juga merupakan tempat yang dapat mempengaruhi pembentukan sikap kepribadian seseorang. Terlepas dari sisi positif sekolah, maka lingkungan tersebut tidak terlepas dari adanya perilaku bullying. Bullying adalah tindakan perundungan, pengucilan, intimidasi yang dilakukan seseorang kepada orang lain baik berupa verbal atau pun fisik. Perilaku ini dapat mencakup pelecehan verbal, kekerasan fisik atau pemaksaan, dan dapat diarahkan berulangkali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian deskriptik analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini 326 siswa. sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden pelajar SMP Negeri 12 Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yaitu (P value=0,001), yang berarti adanya hubungan antara lingkungan sekolah dengan perilaku bullying pelajar SMP Negeri 12 Makassar dengan nilai P value< 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan lingkungan sekolah dengan kejadian bulliying di SMP Negeri 12 Makassar.