Pengaruh Edukasi Pengetahuan Terhadap Pencegahan Bullying Pada Kalangan Remaja Di SMAN 15 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i6.1696Keywords:
Bullying, Pengetahuan, RemajaAbstract
Masa remaja merupakan masa transisi dimana seseorang akan mengalami berbagai macam masalah yang dihadapi pada masa ini cenderung terjadi dibullying. Fenomena bullying dikalangan remaja indonesia, akhir – akhir ini sangatlah marak terjadi. Bentuk perundungan yang dialami anak remaja antara lain ejekan, intimidasi, ancaman, hingga kekerasan dari para pelaku bullying membuat anak remaja merasa tertekan, stres, atau bahkan depresi. Bullying mengacu pada penindasan atau perilaku agresif dengan niat untuk menyakiti atau menyalahgunakan orang lain dalam tindakan berulang dan melibatkan ketidak seimbangan kekuatan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui pengaruh edukasi pengetahuan terhadap pencegahan bullying pada kalangan remaja di SMAN 15 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuasi eksperimen dan menggunakan desain one group pre-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas X, sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 Responden, Data di analisis dengan menggunakan Wilcoxone Ada perbedaan signifikan sebelumdan sesudah diberikan perlakukan Terhadap pengetahuan sisa/siswi kelas X di SMAN 15 Makassar, menunjukkkan bahwa dari 76 responden (100%) yang diteliti. Menjelaskan Uji Wilcoxone, di peroleh nilai signifakan sebesar 0,000. Hal ini berarti H0 di tolak karena nilai signifikan < 0,05 dan Ha di terima.