Literature Riview Analisis Mendengarkan Musik Klasik Terhadap Konsenterasi Belajar Mahasiswa Di Institusi Pendidikan Keperawatan

Authors

  • sriyanti matan STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Muzakkir STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Sri Darmawan STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i3.648

Keywords:

Mendengarkan Musik Klasik, Konsenterasi Belajar, Musik Klasik untuk Keperawatan

Abstract

Musik Klasik (dalam kapital) adalah yang menunjukkan khusus pada genre atau aliran musik seni di Wina, Austria, pada abad ke–18-19 (1760-1830) dengan pelopornya W.A.Mozart, Joseph Haydn, dan Ludwig van Beethoven. Mendengarkan Musik Klasik dapat meningkatkan konsenterasi pada praktiknya, proses belajar menggunakan otak kiri, sedangkan musik menempati otak kanan. Karena kedua sisi otak sama-sama dipergunakan pada saat bersamaan, terciptalah sinergi atau kerja sama yang baik, sehingga konsenterasi pun meningkat. Manfaat musik bagi kecerdasan otak yaitu musik dapat memberikan rangsangan-rangsangan yang kaya untuk segala aspek perkembangan secara kognitif dan kecerdasan emosional. Tingkat keefektifan penggunaan terapi musik terhadap kecerdasan seseorang yaitu sebesar 70%. Untuk mengetahui pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar dapat dilakukan dengan mengamati informasi sinyal otak melelui EEG. Frekuensi/ gelombang otak yang diperlukan dalam belajar (rileks) adalah gelombang Alpha 8-13 Hz/detik, gelombang Beta yang berkisar antara 12-25 Hz yang diukur dengan menggunakan alat pendeteksi gelombang otak yanag dinamakan EEG (Elektro Enchepalograph). Tempo musik yang rendah dan pitch antara 70-80 bpm (bit per menit), berupa lagu instrumental yang tidak memiliki kata-kata atau lirik lagu. Pemberian musik klasik juga digunakan dalam dunia keperawatan (mengurangi kecemasan, menurunkan tingkat stres, membantu memperbaiki tingkat kognitif pada penderita Alzheimer serta sebagai media untuk menurunkan tingkat depresi seseorang). Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara mendengarkan musik klasik dengan konsenterasi belajar. Penelitian ini menggunakan desain systematic literature riview. Artikel dikumpulkan melalui Pubmed dan Google Scholar dengan menggunakan kata kunci, mendengarkan musik klasik, konsenterasi belajar mahasiswa, musik klasik untuk keperawatan. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang terpublikasi 5 tahun terakhir dan artikel yang full teks. Hasil tinjauan literature menunjukkan ada hubungan antara mendengarkan musik klasik dan konsenterasi belajar. Penelusuran artikel yang terkait 10 sumber yang termasuk dalam kriteria. Kesimpulan, konsenterasi belajar dapat meningkat dengan frekuensi dan tempo musik yang tepat.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

matan, sriyanti, Muzakkir, & Darmawan, S. (2023). Literature Riview Analisis Mendengarkan Musik Klasik Terhadap Konsenterasi Belajar Mahasiswa Di Institusi Pendidikan Keperawatan. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(3), 21-35. https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i3.648