Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologi Ibu Dan Anak Usia Sekolah Di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v3i3.690Keywords:
Dampak pembelajaran jarak jauh, Psikologis anak, Psikologis ibuAbstract
Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pengajar dan siswa. Psikologis anak adalah pembentukan perilaku anak sesuai didikan yang dianjurkan oleh orang tua pada anaknya sejak lahir, psikis anak terbentuk oleh faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perkembangan pada anak tersebut. Tujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran jarak jauh terhadap psikologis ibu dan anak usia sekolah pada masa pandemi Covid-19 kelas 4-6 di SDN inpres Gandangbatu Toraja. penelitian ini menggunakan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, didapatkan 68 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kusioner dan analisis dengan uji Chi-Square (p=0,05). Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya dampak antara pembelajaran jarak jauh terhadap psikologis anak (p=002) dan adanya dampak antara dampak pembelajaran jarak jauh terhadap psikologis ibu (p=0,022). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat dampak pembelajaran jarak jauh terhadap psikologis anak dan terdapat dampak pembelajaran jarak jauh terhadap psikologis ibu