Hubungan Perilaku Bullying Dengan perkembangan Mental Emosional Pada Anak Di Sekolah Menengah Pertama Maha Putra Tello Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i2.702Keywords:
Bullying, Perkembangan, Mental Emosional, Anak SekolahAbstract
Kasus kekerasan di sekolah yang di kenal dengan istilah bullying semakin marak dan semakin sering di temui baik melalui media cetak maupun media elektronik.bullying adalah penindasan oleh seseorang terhadap orang lain yang merupakan tindakan amoral tentunya membawa dampak negatif bagi generasi muda indonesia. Perilaku bullying dapat berdampak serius bagi siswa yang merupakan korban bullying.baik itu secara fisik dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan perkembangan mental emosional pada anak di Sekolah menengah Pertama Maha Putra Tello Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dan menggunakan metode analtik kolerasional.pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang di dapatkan sebanyak 45 responden. Analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji chi square dengan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan perilaku bullying dengan perkembangan mental emosional pada anak.dengan nilai signifikan sebesar p= 0,001 dengan menunjukan p< 0,05 selisih nilai signifikan denga nilai yang sudah di tetapkan 0.049.hal ini berarti bahwa adanya hubungan perilaku bullying dengan perkembangan mental emosional pada anak di Sekolah Menengah Pertama Maha Putra Tello Makassar.