HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PSIKOLOGIS REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKES NANI HASANUDDIN MAKASSAR

Authors

  • Nurhabiba Febriyanti STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Andi Fajriansi STIKES Nani Hasanuddin Makassar
  • Sriwahyuni STIKES Nani Hasanuddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i1.718

Abstract

Sejak terkonfirmasi pertama kali pada akhir Desember 2019, wabah penyakit yang disebut sebagai coronavirus saat ini dikenal sebagai COVID-19 membawa pengaruh kepada semua lintas kehidupan, khususnya pendidikan, pelaksanaan sekolah dari taman kanak-kanak sampai Universitas ditutup sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19, sehingga dilaksanakan pembelajaran di rumah yaitu Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak tatap muka langsung. Tujuan penelitian Untuk mengetahui “Hubungan Media Pembelajaran Daring Terhadap Psikologis Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 di STIKES Nani Hasanuddin Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain dekstriptif. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling, tehnik sampling yang digunakan mempunyai kriteria-kriteria tertentu. Terdapat 30 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan menggunakan goole form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari responden yang baik dalam pembelajaran daring dan memiliki tingkat psikologis yang berat sebanyak 1 mahasiswa (5,1%), dan responden yang baik dalam belajar jarak jauh dan memiliki tingkat psikologis yang ringan yaitu 10 responden (5,9%), responden yang buruk dalam pembelajaran daring dan memiliki tingkat psikologis yang berat sebanyak 13 responden (8,9%). Responden yang buruk dalam pembelajaran daring dan memiliki tingkat psikologis yang ringan sebanyak 6 responden (10,1%). Hasil analisa menggunakan uji chi square didapatkan nilai 0,002 yang menunjukkan bahwa ada Hubungan Media Pembelajaran Terhadap Psikologis Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Kesimpulan berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan diatas maka disini bisa melihat bahwa dengan adanya media pembelajaran daring di masa pandemi Psikologis remaja terganggu sejak pembelajaran daring. Mengapa demikian, karna pada masa pandemi covid-19 dan diberlakukannya pembelajaran daring mahasiswa mengatakan tugas-tugas yang diberikan semakin banyak, hal ini membuatnya semakin stress, sehingga psikologisnya terganggu.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Febriyanti, N., Fajriansi, A., & Sriwahyuni. (2022). HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PSIKOLOGIS REMAJA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKES NANI HASANUDDIN MAKASSAR. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(1), 13-18. https://doi.org/10.35892/jimpk.v2i1.718

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>