HUBUNGAN BEBAN KERJA TERHADAP KUALITAS PEMBERIAN PELAYANAN KEPERAWATAN PADA PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.35892/jimpk.v1i3.754Keywords:
Beban Kerja, Kualitas Pelayanan, KepuasanAbstract
Keperawatan merupakan komponen garis terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan sangat menentukan baik dan buruknya citra rumah sakit. Sehingga pelayanan keperawatan merupakan daya ungkit yang besar dalam mutu pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini diketahui hubungan beban kerja terhadap kualitas pemberian pelayanan keperawatan pada pasien di ruang perawatan interna RSUD Labuang Baji Makassar. Penelitian yang digunakan penelitian Deskriptif analitik dengan rancangan crossetional study (potong lintang) dimana penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati data sampel satu kali saja pada saat yang sama. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Labuang Baji Makassar. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 57 perawat yang ada di ruang interna. Jadi, besar sampel yang diperoleh jika dibulatkan adalah 50 orang. Cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang berupa pertanyaan/pernyataan tertutup/terbuka. Hasil penelitian ini beban kerja yang tidak mengalami beban kerja dengan kualitas pelayanan yang kurang sebanyak 7 orang (31,8%), yang baik sebanyak 15 orang (68.2%), responden beban kerja yang mengalami beban kerja yang kurang dengan kualitas pelayanan sebanyak 18 orang (64.3%), yang baik sebanyak 10 orang (35.7%) responden. yang artinya nilai p yang didapat dari hasil penelitian yaitu 0,023 artinya nilai p lebih kecil dari nilai α=0,05 dalam artian H0 ditolak. Berarti terdapat hubungan antara beban kerja dengan kualitas pelayanan.